top of page
Writer's pictureTisya Adiffia R

Analisis Data Air Tanah untuk Keberlanjutan Bisnis


Air Tanah_Mertani
Sumber: (Wajibbaca.com)

Di berbagai belahan dunia, Indonesia termasuk negara yang mengalami krisis air. Salah satu faktor dari krisis air adalah ketersediaan air tanah yang semakin menipis, yang dapat berdampak pada berbagai sektor, terutama pada industri yang paling banyak menggunakan sumber daya air. Di kondisi yang seperti ini, data air tanah semakin penting dalam mendukung keputusan bisnis yang berkelanjutan. Pemantauan data air tanah menggunakan teknologi seperti Automatic Water Level Recorder (AWLR) dapat memberikan informasi penting untuk pengelolaan air lebih baik. Namun, untuk menggunakan air tanah perlu adanya Surat Izin Pengusahaan Air Tanah (SIPA). SIPA adalah persyaratan penting bagi setiap individu, industri, atau badan usaha yang ingin memanfaatkan air tanah yang berguna untuk legalitas penggunaan air tanah.

 

Manfaat Data Pemantauan untuk Analisis Tren Penggunaan Air

Salah satu manfaat utama  dari pemantauan air tanah adalah untuk mengidentifikasi tren penggunaan air dari waktu ke waktu. Data yang dihasilkan AWLR dapat memberikan gambaran jelas mengenai pola konsumsi air dalam jangka panjang. Data tersebut dapat membantu perusahaan dalam beberapa cara, antara lain:

1. Mengidentifikasi Pola Penggunaan

Dengan pantauan pola musiman, harian, atau mingguan dalam penggunaan air, perusahaan dapat merencanakan kebutuhan air secara efisien dan menghindari pemborosan.

2. Mendeteksi Penyimpangan

Pemantauan secara terus menerus memungkinkan perusahaan mendeteksi adanya penyimpangan seperti lonjakan penggunaan air yang tidak biasa, yang dapat menjadi indikasi kebocoran atau masalah yang harus segera ditangani.

3. Membandingkan dengan Data Historis

Data historis memberikan konteks bagi perusahaan untuk membandingkan penggunaan air saat ini dan periode sebelumnya, ini dapat membantu mengukur efisiensi dan menentukan area perbaikan.

 

Penggunaan Data AWLR untuk Perencanaan Bisnis

1. Perencanaan Kapasitas Produksi

Dari data air yang akurat, perusahaan dapat memprediksi kebutuhan air di masa depan dan menyesuaikan kapasitas produksinya agar sejalan dengan pasokan air yang tersedia.

2. Penyesuaian Penggunaan Air

Melalui analisis yang didapat data dari AWLR, perusahaan dapat menyesuaikan proses produksi yang boros air dengan melakukan tindakan penghematan air yang lebih baik.

3. Investasi dalam Teknologi Hemat Air

Pemantauan penggunaan air yang dilakukan secara berkelanjutan memberikan wawasan bagi perusahaan untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan penyempurnaan. Disertai data yang akurat dan real-time, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya secara tepat guna melakukan investasi pada teknologi hemat air.

 

Prediksi Ketersediaan Air dengan Analisis Data

1. Perencanaan Jangka Panjang

Data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu digunakan untuk menerapkan ketersediaan air di masa yang akan datang, memungkinkan perusahaan merencanakan strategi jangka panjang.

2. Mengidentifikasi Sumber Air Alternatif

Jika sumber air tanah mulai terbatas, perusahaan dapat mencari sumber alternatif lain seperti air hujan sebagai sumber tambahan.

 

3. Membangun Kemitraan untuk Pengelolaan Air

Perusahaan dapat bekerja sama dengan pemerintah komunitas setempat dalam mengelola sumber daya air secara berkelanjutan.

 

AWLR Submersible_Mertano
Sumber: (Pribadi)

Pengaruh Data Pemantauan terhadap Kebijakan Bisnis

1. Penetapan Target Penghematan Air

Untuk menetapkan target penghematan air yang efektif, memerlukan dasar data yang akurat dan terpercaya. Berdasarkan analisis data yang telah didapat, perusahaan bisa menetapkan target penghematan air yang spesifik, logis, dan terukur, yang memungkinkan perusahaan memantau kemajuan secara berkala dan memastikan bahwa tujuan penghematan air dapat dicapai dengan berkelanjutan dan efisien.

2. Pengembangan Produk Ramah Lingkungan

Data penggunaan air dapat mendorong perusahaan agar lebih serius dalam merancang produk yang efisien dalam penggunaan air dan berkontribusi pada kelestarian lingkungan.

3. Pelaporan Keberlanjutan

Penyusunan laporan keberlanjutan menjadi manfaat adanya data pemantauan air. Penyajian data ini memungkinkan perusahaan menunjukkan komitmennya terhadap pengelolaan sumber daya air secara bertanggung jawab.

 

Keputusan Bisnis Berbasis Data dari AWLR

Keputusan bisnis yang baik membutuhkan data yang akurat dan relevan. AWLR menyediakan data yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik dalam hal manajemen air. Keputusan penting yang dapat diambil adalah:

1. Penjadwalan Produksi

Dengan memahami ketersediaan, perusahaan dapat mengatur jadwal produksi sesuai dengan sumber daya yang ada.

2. Pemilihan Lokasi Pabrik

Lokasi pabrik yang dekat dengan sumber daya air yang stabil bisa menjadi salah satu pertimbangan utama dalam perencanaan bisnis

3. Investasi dalam Teknologi Baru

Berdasarkan data yang didapat dari analisis penggunaan air, perusahaan dapat menentukan investasi yang tepat dalam teknologi baru untuk dapat meningkatkan efisiensi air.

Data pemantauan air tanah yang diperoleh dari AWLR merupakan sumber daya yang berharga bagi perusahaan yang ingin mencapai keberlanjutan dalam jangka panjang. Analisis data ini dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi tren penggunaan air, memprediksi ketersediaan air di masa yang akan datang, dan mengambil keputusan bisnis yang lebih baik. Dengan menyatukan data air tanah ke dalam strategi bisnis, perusahaan bisa mengurangi risiko terkait krisis air serta meningkatkan reputasi dan komitmen terhadap keberlanjutan pada masyarakat. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:

Website: mertani.co.id

Tiktok : mertaniofficial 


Sumber :



35 views0 comments

Comentarios


WhatsApp
bottom of page