top of page
Writer's pictureUmi Fadilah_

Instalasi Automatic Water Level Recorder untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana di Kawasan Gunung Merapi


Automatic Water Level Recorder_Mertani
Automatic Water Level Recorder (Sumber: Mertani.co.id)

Kawasan Gunung Merapi, yang terkenal dengan aktivitas vulkaniknya merupakan wilayah yang memerlukan pengawasan intensif dalam hal monitoring guna memastikan keselamatan masyakarat sekitar. Salah satu upaya yang bisa dilakukan guna mencegah terjadinya bencana di kawasan ini adalah melalui penerapan sistem pemantauan yang akurat dan real-time. Maka dari itu, dalam upaya meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas Gunung Merapi, Mertani bekerja sama dengan salah satu instansi yang berada di bawah naungan pemerintah guna melakukan instalasi perangkat Automatic Water Level Recorder (AWLR) tipe radar yang dilengkapi dengan CCTV.

Pada hari Rabu, tanggal 11 hingga Kamis, tanggal 12 September 2024, kami menyelesaikan instalasi perangkat Automatic Water Level Recorder (AWLR) Radar dan CCTV di wilayah Sleman, Yogyakarta. Implementasi perangkat ini bertujuan untuk mengukur debit lahar dingin dan memonitor pergerakan material seperti air, pasir, dan batu di kawasan Gunung Merapi. Pemantauan ini memungkinkan peringatan dini yang lebih akurat terhadap potensi bencana, seperti banjir lahar yang dapat mengancam daerah di sekitar lereng gunung.

Rangkaian Instalasi

Kegiatan instalasi dimulai pada sore hari dengan bagain pertama yang dipasang adalah lengan AWLR, kemudian dilanjutkan pemasangan tiang yang berfungsi sebagai penopang. Setelahnya, kami melanjutkan dengan pemasangan sensor, solar panel, dan panel box. Langkah terakhir pada proses instalasi ini yaitu pemasangan pagar di sekitar perangkat. Penting untuk melakukan pemasangan pagar agar perangkat terlindungi dari gangguan eksternal, termasuk pencurian atau kerusakan yang disebabkan oleh hewan liar.

Setelah seluruh perangkat dipastikan terpasang, langkah selanjutnya adalah pengecekan akhir pada AWLR guna memastikan bahwa sensor dapat mendeteksi perubahan debit dengan akurat. Tidak hanya itu, kami juga melakukan uji fungsi terhadap CCTV untuk memastikan kualitas gambar dan koneksi yang baik. Pengecekan ini juga mencakup pengujian pada integrasi antara AWLR dengan CCTV. Hal ini untuk memastikan bahwa pihak yang bertanggung jawab atas pengawasan Gunung Merapi dapat langsung mengakses data yang dihasilkan dari perangkat tersebut.  Keberhasilan dari instalasi ini tidak hanya ditentukan oleh kemampuan perangkat dalam menjalankan fungsinya, tetapi juga keandalan sistem dalam mengirimkan data secara real-time dan akurat.

CCTV pada Perangkat AWLR_Mertani
CCTV pada Perangkat AWLR (Sumber: Mertani.co.id)

Kolaborasi dengan Instansi Pengawas

Pada proyek kali ini, kami bekerja sama dengan salah satu instansi yang berada di bawah naungan pemerintah yang mana mereka memiliki tugas khusus dalam pengawasan Gunung Merapi. Instansi ini bertanggung jawab memantau aktivitas gunung serta memberikan informasinya kepada masyarakat sekitar terakit potensi bahaya yang bisa terjadi kapan saja. Kolaborasi ini menjadi kunci keberhasilan instalasi karena perangkat yang dipasang akan memberikan data penting yang dapat diolah oleh instansi terkait untuk keperluan peringatan dini dan mitigasi bencana. Sinergi ini juga menunjukan bagaimana teknologi seperti AWLR dan CCTV dapat berkontribusi dalam mendukung upaya mitigasi risiko bencana alam.

Inovasi Pemantauan untuk Mengurangi Risiko Bencana Alam

Dalam rangka meningkatkan pemantauan dan mitigasi bencana di sekitar wilayah Gunung Merapi, instalasi perangkat AWLR ini menjadi proyek yang penting. Melalui implementasi perangkat ini, pengawasan terhadap aktivitas Gunung Merapi akan menjadi lebih akurat, sehingga masyarakat sekitar dapat merasa lebih dan dan terlindungi dari potensi bencana.

Implementasi perangkat ini penting untuk dilakukan, tidak hanya dari sisi teknologi, tetapi juga dari manfaat jangka panjang yang dapat diberikan. Pengambilan tindakan pencegahan yang tepat dapat lebih cepat dilakukan oleh pemerintah dan instansi terkait dengan adanya monitoring yang real-time dan akurat, sehingga dapat mengurangi dampak negatif dari bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Dengan demikian, instalasi ini tidak hanya menjadi proyek teknis, tetapi juga menjadi kontribusi nyata terhadap keselamatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar Gunung Merapi.

Itulah tadi merupakan cerita kegiatan instalasi kami kali ini di kawasan Gunung Merapi. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 



34 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page