top of page

Instalasi AWLR di Kalimantan Tengah: Solusi Pemantauan Tinggi Muka Air di Lahan Sawit


Water Level_Mertani
Automatic Water Level Recorder (Sumber: mertani.co.id)

Penggunaan teknologi yang mampu mendukung pengelolaan sumber daya alam semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama di sektor perkebunan yang sangat bergantung pada ketersediaan air. Dalam menjaga keberlanjutan operasional perkebunan serta mencegah kerusakan lingkungan, pemantauan dan pengelolaan air menjad kunci yang amat penting. Automatic Water Level Recorder (AWLR) menjadi salah satu perangkat yang mampu melakukan pemantauan tinggi muka air secara real-time dan continue. Seperti yang saat ini dilakukan oleh salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah, yang mana mereka mengadopsi perangkat AWLR guna memantau tinggi muka air di beberapa lokasi bendungan yang berperan penting dalam sistem irigasi lahan sawit. Tidak hanya untuk mendukung proses operasional perkebunan, instalasi perangkat ini juga menjadi langkah konkret dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan lingkungan.

Kerja Sama Mertani dengan Perusahaan Perkebunan di Kalimantan Tengah

Pada bulan Juli 2024, Mertani bekerja sama dengan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah untuk melakukan instalasi Automatic Water Level Recorder. Kami berangkat dari Yogyakarta menuju Kalimantan Tengah dengan menggunakan perjalanan udara. Pada tanggal 25 Juli 2024, kami pun memulai kegiatan instalasi. Kegiatan ini tentunya merupakan bagian dari komitmen kami dalam mendukung upaya pengelolaan sumber daya air yang lebih efektif dan efisien, terutama di sektor perkebunan. Penerapan perangkat AWLR membuat pemantauan tinggi muka air, baik tinggi muka air saluran maupun tinggi muka air tanah dapat dilakukan secara real-time.

Terdapat lima lokasi dengan kegiatan instalasi masing-masing satu perangkat AWLR yang dipasang di area bendungan dan difungsikan untuk irigasi lahan perkebunan kelapa sawit. Dengan adanya instalasi ini, perusahaan berupaya untuk menjaga ketersediaan air dengan cara memantaunya secara terus-menerus, terutama di area yang memiliki potensi besar terhadap perubahan ketinggian akibat curah hujan atau kondisi lingkungan lainnya. Pemantauan ini juga berguna untuk menjaga keseimbangan ekosistem setempat.

Proses Instalasi dan Kolaborasi dengan Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yakni mulai dari 25 hingga 27 Juli 2024, yang mana dalam kegiatannya kami didampingi oleh tiga orang project manager dari tim mitra yaitu Bapak Anwari, Bapak Riza, dan Bapak Muler. Tidak hanya dukungan teknis yang mereka berikan, tetapi juga menjadi bentuk kerja sama yang solid antara tim kami dan mitra dalam memastikan kelancaran operasional di lapangan.

Pada instalasi kali ini, tim kami menghadapi tantangan yang cukup signifikan, yakni ukuran pipa di lokasi yang lebih besar sehingga menyebabkan kami harus memodifikasi pipa dengan cara memotong dan menambah pipa agar perangkat AWLR dapat dipasang dengan sempurna. Beruntung, semua bisa teratasi berkat profesionalitas dan dedikasi tim sehingga instalasi bisa terselesaikan sesuai waktu yang sudah kami targetkan.

Tujuan dan Manfaat Instalasi AWLR

perkebunan kelapa sawit_mertani
Perkebunan Kelapa Sawit (Sumber: mertani.co.id)

Lima perangkat AWLR yang kini sudah terpasang di lima lokasi bendungan yang sudah disebutkan di atas, bertujuan untuk memonitoring tinggi muka air, baik tinggi muka air tanah maupun saluran, sehingga naik turunnya air dapat diketahui dengan cepat. Bagi pengelola perkebunan, data seperti ini sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa ketersediaan air cukup untuk irigasi.

Penggunaan AWLR mampu memberikan data secara real-time dan continue sangat mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat. Selain itu, data yang dibaca oleh sensor juga dapat diakses kapan saja, sehingga pihak terkait dapat dengan mudah melakukan penyesuaian jika terjadi perubahan ketinggian air yang signifikan. Dengan demikian, risiko kerusakan akibat kekeringan dan banjir dapat diminimalisir dan berkontribusi pada keberlanjutan operasional perkebunan dan keberlanjutan lingkungan.

AWLR sebagai Solusi Pemantauan Tinggi Muka Air

Kegiatan instalasi AWLR yang kami lakukan di Kalimantan Tengah pada 25 hingga 27 Juli 2024 adalah bagian dari upaya dalam mendukung pengelolaan air yang efektif dan efisien di lahan perkebunan kelapa sawit. Dengan perangkat yang mampu mengirimkan data secara real-time dan continue ini, diharapkan dapat membantu pihak terkait dalam memantau ketersediaan air dan membuat keputusan yang lebih tepat dalam mengelola irigasi lahan. Mengetahui ketersediaan air pada lahan juga berguna untuk mencegah kerusakan lingkungan akibat banjir dan kekeringan. Maka dari itu, implementasi perangkat AWLR merupakan solusi inovatif dalam mendukung keberlanjutan sumber daya air di sektor perkebunan.

Itulah cerita kegiatan instalasi AWLR kami kali ini yang dilaksanakan di Kalimantan Tengah. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:

Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 


36 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page