top of page

Perbanyak Titik Sumur Pantau: Instalasi Perangkat AWLR Submersible di Karawang dan Tangerang


Automstic Water Level Recorder_Mertani
AWLR Submersible (Sumber: Pribadi)

Ketersediaan sumber daya air di Indonesia sudah sejak lama diprediksi akan mengalami kelangkaan pada tahun 2025 mendatang. Bukan hanya Indonesia, dilansir dari laman resmi Food and Agriculture Organizations of the United States, pada tahun 2025, yang artinya tahun besok, 1.800 juta orang diperkirakan akan tinggal di negara atau wilayah dengan kelangkaan air “mutlak” (<500 m3 per tahun per kapita), dan dua pertiga populasi dunia mungkin berada dalam kondisi “tekanan” (antara 500 dan 2000). 1000 m3 per tahun per kapita). Tentunya, ini merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan. Upaya-upaya agar sumber daya air tetap terjaga keberlangsungannya harus digalakakkan mulai dari saat ini. Beberapa hal yang bisa diterapkan adalah dengan memantau penggunaan sumber daya air. Artikel ini akan menjelaskan tim Mertani dalam mengemban misi untuk memperluas jangkauan monitoring penggunaan air sumur dengan perangkat Automatic Water Level Recorder di tiga titik lokasi sekaligus. Lantas seperti apa perjalanan selangkapnya? Baca sekarang!

 

Awal Keberangkatan dan Tujuan Proses Instalasi

Tim Mertani kembali melakukan instalasi di tiga tempat sekaligus pada Hari Selasa, tanggal 20 Agustus 2024 yang berlokasi di Karawang Timur, Karawang Barat, dan Tangerang. Untuk parameter yang dipasang pada AWLR di ketiga tempat sama, yakni Tinggi Muka Air atau TMA, sedangkan untuk tujuan dilakukannya instalasi di ketiga tempat adalah untuk memantau sumur yang digunakan oleh perusahaan tersebut. Dikarenakan pada umumnya, penggunaan air untuk industri yang bergerak di pergudangan cukup banyak, sehingga untuk menghindari eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya air, maka dibutuhkan perangkat Automatic Water Level Recorder untuk memonitoring tinggi muka air di dalam sumur.

 

Titik Pertama Instalasi AWLR di Karawang Timur

Sumber: Pribadi

Perangkat AWLR Submersible yang diinstalasi pada lokasi pertama yakni Karawang Timur. AWLR yang diinstalasi pada titik lokasi pertama berjumlah 1 unit.Tim Mertani melakukan instalasi didampingi oleh Bapak Adi selaku Manager dari perusahaan mitra. Diketahui bahwa perusahaan mitra bergerak di bidang persewaan gudang. Proses instalasi diawali dengan keberangkatan tim Mertani pada Hari Senin, tanggal 19 Agustus 2024. Dalam perjalannya, tim baru sampai di titik lokasi pertama, Karawang Timur pada keesokan harinya yakni pada Hari Selasa, tanggal 20 Agustus 2024. Instalasi berjalan normal sesuai yang sudah diagendakan. Automatic Water Level Recorder tipe Submersible tersebut berfungsi dengan baik untuk memantau ketinggian dari muka air di sumur perusahaan mitra. Data yang diperoleh sensor nantinya akan dikirim dan disimpan ke data logger sebelum ditransmisikan kembali ke dashoard dan aplikasi mobile Mertani. Melanjutkan dari proses instalasi, tim Mertani melakukan training atau pelatihan cara mengoperasikan dan membaca data yang telah dihasilkan dari proses monitoring oleh sensor melakui dashboard dan aplikasi mobile Mertani kepada perusahaan mitra. Selain itu, tim juga memberkan training tentang cara perawatan device AWLR Submersible tersebut.

 

Titik Kedua Instalasi AWLR Submersible di Karawang Barat

Automatic Water Level Recorder_Mertani
Sumber: Pribadi

Sesuai yang suudah disebutkan, perjalanan tim Mertani tidak berhenti sampai disitu saja. Tim Mertani kembali bergerak dari Karawang Timur menuju Karawang Barat pada keesokan harinya, yakni pada Hari Rabu, tanggal 21  Agustus 2024. Instalasi perangkat masih dengan jenis yang sama, yakni Automatic Water Level tipe Submersible. Bapak Adi selaku manager dari perusahaan mitra juga turut andil dalam memantau berjalannya proses instalasi di lokasi kedua ini. Pada titik kedua dari instalasi ini, Tim Mertani harus menarik keluar pompa air yang kedalamannya mencapai 30 meter terlebih dahulu supaya sensor dari perangkat Automatic Water Level Recorder Submersible tersebut dapat masuk ke dalam sumur. Selain itu, hal lain yang dihadapi tim Mertani dalam pelaksanaan proses instalasi adalah saat memaku tembok, tim mendapati adanya pipa. Namun, dengan komitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dan output maksimal, tim Mertani dapat menemukan solusi dari setiap kendala yang dialami. Hingga instalasi pada titik lokasi yang kedua ini dapat dikatakan tuntas dengan hasil yang sesuai harapan. Sama seperti lokasi sebelumnya, tim Mertani pada sesi akhir perjalanan di lokasi kedua juga memberikan sosialisasi penggunaan dashboard serta aplikasi mobile Mertani dan perawatan device.

Titik Terakhir Instalasi AWLR Submersible di Tangerang

AWLR_Mertani
Sumber: Pribadi

Setelah berhasil menyelesaikan proses instalasi perangkat Automatic Water Level Recorder Submersible di Karawang Barat, tim Mertani melanjutkan ke titik lokasi ketiga atau terakhir yang berada di Tangerang. Perangkat yang akan diinstalasi masih sama, yakni  AWLR Submersible. Instalasi berjalan dengan lancar, sehingga hanya membutuhkan waktu setengah hari saja untuk dapat menyelesaikan dan menutup sesi perjalan instalasi tim Mertani dari Karawang Timur, Karawang Barat, dan Tangerang. Tidak ketinggalan, tim Mertani juga kembali memaparkan cara penggunaan, pembacaan data di dahsboard dan aplikasi Mertani Mobile serta kiat-kiat perawatan device AWLR Submersible tersebut. Setelah memastikan bahwa keseluruhan proses instalasi telah terlaksana dengan baik, mulai dari detail-detail terkecil sekalipun, tim Mertani kembali pulang ke Yogyakarta pada Hari Minggu, tanggal 25 Agustus 2024.

AWLR_Mertani
Sumber: Pribadi

Keberhasilan tim Mertani dalam proses instalasi kali ini tidak terlepas dari komitmen untuk menjadi kontributor dalam membuat lingkungan hidup yang ditinggali saat ini semakin baik dan sehat. Instalasi perangkat Automatic Water Level Submersible ini tentunya dapat memberikan monitoring penggunaan sumber daya air dari kurang dan tambahnya ketinggian air secara signifikan maupun tidak. Dengan semakin banyaknya perangkat Automatic Water Level Recorder yang terinstalasi di banyak titik, diharapkan upaya mengontrol penggunaan sumber daya air secara berlebihan dapat diminimalisir. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 


Sumber:



 

 

34 views0 comments

תגובות


WhatsApp
bottom of page