top of page
Writer's pictureTisya Adiffia R

Perangkat AWLR Sebagai Solusi Lingkungan Berkelanjutan

Updated: 18 hours ago


Lahan Gambut_Mertani
Sumber: (Pribadi)

Dampak Lingkungan dari Penggunaan Air Tanah Tanpa Pengawasan

Pengelolaan air tanah yang tidak terkontrol dan tanpa pengawasan dapat menimbulkan masalah serius bagi lingkungan. Ketika pengambilan air tanah dilakukan secara berlebihan tanpa adanya surat izin, maka dampak buruk yang didapat bisa memengaruhi sumber daya air serta ekosistem sekitar. Surat izin yang dimaksud adalah SIPA. Sedangkan pengertian SIPA (Surat Izin Pengusahaan Air Tanah) sendiri adalah surat resmi yang nantinya diberikan kepada individu, industri/perusahaan atau siapa pun yang ingin memanfaatkan air tanah dengan izin yang sudah ditetapkan. Beberapa dampak negatif penggunaan air tanah tanpa pengawasan di antaranya:

1. Penurunan Muka Air Tanah

Penggunaan air tanah yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan muka air tanah secara signifikan. Hal ini membuat keseimbangan hidrologis dan ekosistem yang bergantung pada keberadaan air tanah terganggu. Selain itu, penurunan air tanah juga bisa mengakibatkan berkurangnya ketersediaan air untuk kebutuhan masyarakat, baik untuk rumah tangga, pertanian, maupun industri.

2. Penurunan Tanah

Pengambilan tanah yang berlebihan dan dilakukan secara terus menerus, tanpa aturan yang sudah ditetapkan dapat menyebabkan penurunan permukaan tanah. Kejadian ini dapat mengancam infrastruktur seperti bangunan, jalan, dan jaringan pipa. Dapat juga memicu bencana seperti banjir atau longsor.

3. Gangguan Air Laut

Daerah pesisir menghadapi risiko yang lebih besar terhadap gangguan air laut, terutama ketika air tanah dieksploitasi secara berlebihan dan tidak terkendali. Air laut yang masuk ke dalam lapisan tanah (akuifer) mengakibatkan kualitas air tanah menurun. Sehingga air yang digunakan untuk kebutuhan seperti irigasi, minum, dan kegiatan lainnya, menjadikan tidak layak untuk dikonsumsi. Selain itu, masalah tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan lingkungan yang lebih luas.

4. Penurunan Kualitas Air Tanah

Penurunan kualitas air tanah yang disebabkan dari aktivitas manusia, seperti pembuangan limbah domestik dan industri dapat mencemari air tanah. Limbah kimia atau organik yang meresap ke dalam tanah menyebabkan kualitas air tanah menurun, sehingga tidak aman untuk minum, irigasi, maupun kebutuhan lainnya.

 

AWLR sebagai Solusi Pemantauan Ramah Lingkungan

Penggunaan air tanah yang tidak terpantau dapat menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan, seperti penurunan muka air tanah dan krisis air bersih. Untuk mengatasi berbagai permasalahan lingkungan yang diakibatkan dari penggunaan air tanah yang tidak terpantau, salah satu solusi dari masalah tersebut adalah dengan penggunaan teknologi ramah lingkungan AWLR. Automatic Water Level Recorder (AWLR) adalah perangkat yang mampu mengukur ketinggian air secara otomatis, efisien, dan akurat. Dengan menggunakan teknologi ini, maka dapat meminimalkan dampak negatif yang dapat merusak sumber daya.

 

AWLR_Mertani
Sumber: (Pribadi)

Penggunaan Energi Efisien pada Perangkat AWLR

Perangkat AWLR dirancang dengan teknologi hemat energi yang menjadikan teknologi ramah lingkungan. Penggunaan panel surya sebagai sumber daya membuat perangkat ini minim perawatan dan mampu beroperasi secara mandiri tanpa memerlukan pasokan listrik. Dengan memanfaatkan energi terbarukan dari sinar matahari, perangkat ini dapat berfungsi tanpa memerlukan sumber energi tambahan. Selain hemat energi, teknologi ini juga dapat dioperasikan di daerah terpencil. Pada lokasi-lokasi yang sulit dijangkau atau tidak memiliki akses ke jaringan listrik, perangkat ini tetap dapat digunakan.  

 

Kontribusi AWLR dalam Mengurangi Jejak Ekologi Perusahaan

Di era yang semakin menekankan keberlanjutan lingkungan, perusahaan dituntut untuk lebih bertanggung jawab dalam pemanfaatan sumber daya alam termasuk air tanah. Dengan penggunaan AWLR, perusahaan dapat menunjukkan komitmennya terhadap pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, sekaligus mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem. Salah satu kemampuan AWLR adalah mengumpulkan data yang akurat dan real-time. Ini dapat menjadikan dasar untuk menyusun laporan keberlanjutan (sustainability report). Pengelolaan air dapat menjadi efisien, yang mana  perusahaan dapat langsung berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon dan jejak ekologi secara keseluruhan.

 

Inisiatif Mertani dalam Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan

Perusahaan Mertani menghadirkan inovasi dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan melalui Automatic Water Level Recorder (AWLR), yaitu sebuah alat yang mampu mengukur ketinggian air tanah secara otomatis, efisien, dan akurat. AWLR menjadi bagian integral dari komitmen Mertani dalam menciptakan sistem pengelolaan lingkungan yang lebih baik, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. AWLR yang menggunakan teknologi hemat energi, seperti panel surya memungkinkan pengoperasian perangkat yang ramah lingkungan.

Penggunaan Automatic Water Level Recorder (AWLR) adalah langkah nyata dalam menjaga keberlanjutan pengelolaan air tanah. Dengan kemampuannya yang dapat memantau secara real-time dan akurat, AWLR juga dapat membantu mencegah eksploitasi yang berlebihan, serta memantau kualitas air tanah. Teknologi hemat energi yang digunakan AWLR menjadikan salah satu solusi ramah lingkungan. Selain membantu perusahaan untuk memenuhi regulasi lingkungan, penggunaan AWLR ikut serta pada pengelolaan air yang lebih efisien dan berkelanjutan, sehingga berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat luas. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:

Website: mertani.co.id

Tiktok : mertaniofficial 


Sumber :


9 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page