top of page

Toreh Jejak di Sulawesi Selatan: Instalasi Perangkat AWLR dan AWS di Pinrang, Makassar

Updated: Sep 12


AWS dan AWLR Mertani
AWS dan AWLR Mertani (Sumber: Pribadi)

Otomatisasi data diperlukan di era ini sebagai bentuk tuntutan akan kebutuhan efisiensi dan efektivitas. Pada implementasinya, bermunculan perangkat-perangkat canggih untuk mewujudkannya, salah satunya adalah inovasi teknlogi terkait monitoring cuaca dan tinggi muka air untuk memenuhi berbagai kebutuhan industri yang semakin beragam. Melihat itu, tim Mertani turut berkontribusi dalam mengambil peran sebagai penyedia perangkat-perangkat telemetri canggih, contohnya adalah kehadiran AWLR atau Automatic Water Level Recorder dan AWS atau Automatic Weather Station. Pada instalasi kali ini, tim Mertani juga membawa perangkat lainnya yakni Telecontrol, CCTV, dan Get Position. Lnatas, seperti apa perjalanan lengkapnya? Simak bacaan berikut ini!


Awal Perjalanan Tim Mertani dalam Proyek Instalasi

Pada Hari Sabtu, tanggal 29 Juni 2024 lalu, tim Mertani melakukan perjalanan dinas dengan tujuan instalasi perangkat AWLR atau Automatic Water Level Recorder, AWS atau Automatic Weather Station, Telecontrol, Get Position, dan CCTV. Instalasi perangkat kali ini tergolong dilakukan secara besar-besaran mengingat jumlah dari masing-masing perangkat yang dikategorikan cukup banyak. Untuk perangkat AWLR (Automatic Water Level Recorder), tim Mertani mrnginstalasi sebanyak 25 perangkat. Automatic Weather Station berjumlah 2 perangkat, Telecontrol sebanyak 7 perangkat yang jumlahnya diketahui sama dengan banyaknya perangkat Get Position. Sedangkan CCTV berjumlah 8 perangkat. Instalasi ini memakan waktu lama, kira-kira terhitung berkisar 43 hari dari hari keberangkatan tim Mertani. Instalasi dengan total 49 perangkat tersebut dilaksanakan di salah satu instansi yang berwenang dalam kepengurusan sungai. Tepatnya di Jeneberang, Kabupaten Pinrang, Makassar, Provinsi Sumatra Selatan. Tim Mertani yang pada saat itu terbagi menjadi dua tim menempuh perjalanan menggunakan dua jalur transportasi menuju Makassar, yakni jalur udara dan jalur laut.

AWS_Mertani
Sumber: Pribadi

Instalasi yang berlokasi di Kabupaten Pinrang, Provinsi Sumatra Selatan ini, perangkat AWLR atau Automatic Water Level Recorder yang dibawa tim Mertani memiiki dua parameter yakni TMA atau Tinggi Muka Air dan Debit Air. Sedangkan parameter untuk AWS atau Automatic Weather Station meliputi kecepatan angin, arah mata angin, solar radiasi, curah hujan, penguapan udara, suhu udara, tekanan udara, dan kelembapan udara. Selain perangkat AWLR (Automatic Water Level Recorder) dan AWS (Automatic Weather Station), tim Mertani juga melakukan inatalasi atau pemasangan pada Telecontrol. For your information, Telecontrol merupakan semacam alat canggih yang memiiki fungsi agar pengoperasian dalam membuka dan menutup pintu air dapat dilakukan secara otomatis . Ini dapat memudahkan petugas dalam pengontrolan buka dan tutup pintu pada gerbang sungai sehingga petugas tidak perlu lagi datang ke lapangan. Telecontrol ini natinya akan salin terkoneksi dengan smartphone sehingga dapat dikendalikan hanya dalam genggaman tangan saja. Tidak ketinggalan yakni perangkat CCTV atau Closed Circuit Television. Seperti yang sudah dketahui banyak orang, CCTV digunakan untuk memantau pergerakan atau situasi di lingkungan sekitar. Tentunya ini akan meminimaslir kerusakan atau gangguan pada perangkat yang disebabkan oleh faktor eksternal. Selain itu, maksud dari pemasnagan CCTV yakni untuk proses monitoring ketepatan dan kecocokan tingi muka air yang berada di saluran dan dengan visualisasi data. Visualisasi data ini berasal dari sensor-sensor yang terpasang pada perangkat AWLR di lapangan dan dapat diakses melalui Dashboard Mertani dan Mertani Mobile.


Proses Instalasi Perangkat AWLR, AWS, Telecontrol, Get Position, dan CCTV 

CCTV_Mertani
Sumber: Pribadi

Proses instalasi diawali dengan pengumpulan piranti-piranti untuk nantinya akan digunakan. Pengumpulan alat atau piranti ini dilakukan pada Hari Sabtu, tanggal 29 Juni 2024 dan Hari Minggu, tanggal 30 Juni 2024. Lalu pada Hari Senin, tanggal 1 Juli dan Hari Selasa, tanggal 2 Juli 2024, tim Mertani melakukan penggalian pondasi yang selesai pada Hari Jum’at tanggal 5 Juli 2024. Terhitung 5 hari lama waktu yang harus ditempuh untuk menuntaskan seluruh prosesi penggalian pondasi. Dalam kurun watu yang sama, tim Mertani juga memgerjakan step pertama dari proses instalasi perangkat yaitu pemasangan tiang terlebih dahulu. Sedangkan untuk peletakan perangkat, dilakukan pada Hari Rabu tanggal 3 Juli 2024. Step ini mengabiskan waku sekitar tiga belas hari yang berakhir tepat pada Hari Selasa, tanggal 16 Juli 2024 untuk memastikan seluruh pemasangan tiang telah selesai.

AWLR_Mertani
Sumber: Pribadi

Tim Mertani kembali melanjutkan instalasi ke tahap selanjutnya, yaitu pemasangan perangkat-perangkat penting yang berada di Automatic Water Level Recorder dan Automatic Weather Station contohnya sensor, panel box, solar panel, anti petir, dan besi grounding. Kegiatan ini dilakukan pada Hari Rabu, tanggal 17 Juli 2024. Dua hari setelahnya, yakni pada tanggal 19 Juli 2024, tim Mertani juga bergerak dalam instalasi perangkat telecontrol dan get position. Dari keseluruhan proses instalasi, tim Mertani mengalami beberpa kendala yang disebabkan oleh medan atau lokasi instalasi. Diketahui, bahwa ada beberapa titik lokasi pemasangan AWLR yang berada tepat dipinggir sungai. Pada pelaksanaan teknis instalasi, tim Mertani di beberapa kesempatan diharuskan untuk mengkoneksikan kabel yang lokasinya berseberangan dengan sungai. Ini cukup menyulitkan tim karena arus sungai yang seringkali bergejolak. Kendala tidak berhenti sampai disitu saja, tim Mertani mengalami kendala lain pada proses pemasangan AWLR yakni saat harus menggali tanah beberapa kali untuk membuat jalur kabel bawah tanah agar sensor dapat saling terkoneksi.

AWLR_Mertani
Sumber: Pribadi

Dengan kegigihan dan sikap profesionalisme, tim Mertani dengan baik dapat menyelesaikan seluruh rangkaian proses instalasi Automatc Water Level Recorder, Automatic Weather Station, Get Position, Telecontrol, dan CCTV. Tim Mertani merasa terhormat dapat berkontribusi dalam salah satu program pemerintah yakni modernisasi saluran sungai dengan menghadirkan perangkat Automatic Water Level Recorder di lokasi terkait. Dengan ini, tim Mertani mengakhiri perjalanan mereka di Pinrang, Makassar pada Hari  Sabtu, 10 Agustus 2024. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 

Linkedin: PT Mertani


147 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page